Cara Membuat Jaringan LAN dengan Wireless

Jaringan nirkabel (wireless) adalah transfer informasi antara dua atau lebih titik benda yang tidak terhubung secara fisik. Jaraknya bisa pendek  seperti beberapa meter untuk remote control televisi  atau sejauh ribuan atau bahkan jutaan kilometer untuk dalam bidang komunikasi radio. Wireless meliputi berbagai jenis, yaitu mobile,  portabel dua arah radio, telepon selular, personal digital assistant (PDA), dan jaringan nirkabel pada komputer. Contoh lain dari teknologi nirkabel adalah unit GPS, pembuka pintu garasi atau pintu garasi, tikus komputer nirkabel, keyboard dan Headset (audio), headphone, penerima radio, televisi satelit, siaran televisi dan telepon tanpa kabel.

Pembahasan kali ini adalah Wireless pada laptop. Sudah pernah kah anda membuat sebuah jaringan LAN sederhana dengan Wireless pada laptop anda dengan laptop lainya  ?, Pasti sudah ada yang pernah membuat dan belum. Nah, kali ini kita akan bahas sebuah cara dimana kita dapat membuat jaringan LAN sederhana tersebut. Caranya ? gampang!!

Sebelum Membuat Jaringan LAN  dengan wireless, pastikan wireless laptop kamu sudah aktif, atau memakai alat lainnya yang siap pakai. berikut cara membuatnya :

  1. Klik menu Start, pilih Control Panel

  2. Kemudian Klik Network and Internet

  3. Lalu Klik Network and sharing center

  4. Lalu pilih Manage wireless networks

  5. Klik add, lalu muncul pilihan

  6. Pilih Createan ad hoc network dan isi kotak-kotak tersebut, lalu klik next. Tunggu sebentar, selesai.

  7. Tunggu laptop lain untuk gabung(join) dengan jaringan LAN buatan anda, setelah terhubung anda dapat bermain game mutliplayer atau sharing data melaui wireless serta sharing koneksi internet anda.(AM)

Tinggalkan komentar